Selamat datang di Web ini,

Cerita Rakyat ini dipersembahkan agar kita mengetahui adat-istiadat. banyak kelemahan dan kekurangan. Web ini sub Domain Dari LangsaT Borneo.
Pencerahan dan saran pendapat silahkan kirim email ke whyank@gmail.com

Rabu, 15 Juni 2011

"Sekilas Tentang Patung Karuhei"

Patung Keruhei merupakan patung yagn dianggap dapat mendatangkan rejeki atau petuah bagi para pemiliknya. Patung karuhei memiliki maksud dan tujuan tertentun, Kebanyakan di Kalimantan Tengah memiliki 3-4 jenis yang diantaranya adalah sebagai berikut

1. Patung Karuhei Malan, yang sering ditujukan untuk maksud untuk mendapatkan hasil ladang yang banyak.

2. Patung Karuhei Kapintar, merupakan sebuah patung yang bagi mereka yang bersekolah atau menuntut ilmu agar sekolah dengan baik dan mudah memahami pelajaran.

3. Patung Karuhei badagang, merupakan sebuah patung untuk mereka yang membuka usaha nya di dunia perdagangan agar barang yang dijual laris manis alias semua jalan usahanya lancar abies.

4. Patung karuhei untuk memikat hati laki - laki atau perempuan.

5. Patung untuk melindungi keluarga yang biasanya menurut kepercayaan orang jaman dulu diletakkan didepan rumah.

6. Patung punduk merupakan patung yang dibuat dari potongan kayu bakar yang berfungsi untuk menolak bala kebakaran terhadap rumah.

7. Patung henda yang dibuat untuk melepaskan pengaruh seseorang cepat meninggal.

Nah, dari segi pembuatan sendiri patung karuhei dibut dari berbagai jenis kayu atau pun rutan dan baru yang dianggap memiliki kekuatan magis menurut mitos dan cerita orang dulu terutam orang pedalaman kalteng dulu. Dan patung tersebut pun didapat menurut mimpi atau pun menurut petunjuk dukun serta tetua adat di situ

Sumber....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar